Selasa, 19 Februari 2008

”The Cardigans...Best Of”.



Dengan kemajuan teknologi mengunduh lagu, membeli kaset dan bergeser ke Compact Disk (CD) jadi berkurang. Akhirnya, pilihan membeli CD lebih ke bentuk “The Greatest Hits” atau “The Best of….”

Pertimbangannya ya jelas : masalah budget. Kemudian, dengan membeli kumpulan hits/lagu popular dari seorang penyanyi ataupun grup band berarti memperoleh lagu-lagu yang paling kita sukai dalam satu kemasan. Selain itu, saya menikmati bentuk fisik seperti melihat keindahan desain grafis atau foto-foto personil/sang pelantun lagu.

Nah, saat mampir ke Disk Tarra Pondok Indah Mal, mata saya tertumbuk pada ”The Cardigans...Best Of”.

Ya ampun.. gua suka nih sama lagu-lagu grup ini! Ingat lagu Carnival, My Favourite Game, Rise & Shine, Erase/Rewind, Been It, dan tentu saja… Love Fool (Ini menjadi tembang soundtrack “Romeo + Juliet” film besutan Baz Luhrman yang diadaptasi dari karya William Shakespeare, yang dibuat dalam gaya masa kini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Claire Danes).

Belum lagi gaya vokalisnya, Nina Perssons, yang ”Crazy, Sexy, Cool” (CSC)... Saya sering menggunakan istilah CSC ini untuk orang-orang yang tak butuh dandan berlebihan, gayanya cu’ek, akan tetapi asyik untuk dilihat. Suaranya juga khas.

(Dan, maaf, saya merasa grup Mocca yang asli Indonesia, terinspirasi gaya The Cardigans…. Kalau tidak salah, Mocca yang melejit lewat lagu “Secret Admirer” memang muncul setelah The Cardigans ngetop.)

Akhirnya, saya mencomot CD-nya yang terdiri dari 2 piringan. Selain itu, secara fisik albumnya memenuhi ’selera mata’. Plastik CD nya tidak seperti kotak CD umumnya. CD The Cardigans The Best memiliki lengkungan menyudut di setiap ujung, lalu untuk membukanya kita menekan tombol di sisi pinggir kanan.

Piringan sendiri tampil sederhana. Seperti CD-R atau CD-RW kosong yang diatasnya tergrafir tulisan ”Disc One” atau ”Disc Two” (untuk CD yang ke-2) dan ”The Cardigans Best Of” dalam huruf timbul. Desain itu mengingatkan saya seperti menulisi CD kosong yang baru di-burn dengan foto-foto advertorial, lalu saya tulisi keterangan isi CD tsbt dengan spidol besar (spidol whiteboard).

Untuk saya, pihak Universal Music Group International dan Stockholm Record sebagai pemegang hak edar, telah cerdas mengerti sisi marketing. Yaitu, memanjakan penggemar The Cardigans tidak hanya memberikan kompilasi lagu hits. Akan tetapi, memiliki bentuk fisik yang indah untuk ditimang-timang. Hehe...

Soal resensi isi? Ga perlu saya bahas deh.. Pokoknya bagi penggemar, silahkan beli dan nikmati. CD pertama terdiri dari 22 lagu, sementara CD kedua memuat 24 lagu.Apalagi, di CD ke-2 ada lagu yang sama ditawarkan dalam beberapa versi (First Try/Mini Version/Puck Version).

Untuk keterangan dalam, kita bukan menemukan lirik lagu. Melainkan, diberi penjelasan latar belakang lagu tersebut lahir, serta foto desain album The Cardigans yang pernah muncul).

Tidak ada komentar: