Rabu, 24 September 2008

5 Aturan Pikiran




Penulis : Mary T. Browne
Tebal : (i-xi) dan 266 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (2008)


Ucapan dan perbuatan merupakan realisasi dari pikiran. Contoh sederhana, ketika benakmu merasa haus, maka kamu segera melakukan perbuatan menuangkan air ke dalam gelas lalu meminum cairan yang ada di dalam.

Kalau kamu mengatakan, ”Hari ini menyebalkan sekali bagiku!”, maka yang terjadi benar-benar rangkaian peristiwa menyebalkan dalam sehari. Apakah kamu memang dikutuk pada hari tersebut? Sebenarnya karena otak kamu sudah ’mencap’ bahwa hari ini adalah hari sial maka rangkaian kejadian selama hampir 24 jam sebagai sesuatu yang memang BAD.

Dalam gambaran besar, pikiran menuntun kita untuk mencapai sesuatu dalam kehidupan.
Pikiran adalah getaran dan energi. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Oleh karenanya, kita memperoleh apa yang kita inginkan dengan mengendalikan pikiran kita.

Mary T. Browne, cenayang terkenal asal New York, menyusun 5 Aturan Pikiran –sebagai hasil pengalaman dirinya sebagai penasehat spiritual dan pembelajaran dari para maestro- yang bisa membantu kita untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Kelima aturan itu memang lebih mudah diikuti jika kita lebih dahulu memahami dan sadar akan kekuatan Daya Ilahi.

Ke-5 Aturan Pikiran untuk memperoleh apa yang kita inginkan :
1. Kita harus menentukan apa yang kita inginkan
2. Bayangkan bahwa hal itu sudah terjadi
3. Jangan ragu-ragu
4. Kita harus mempunyai keyakinan
5. Ketekunan membawa hasil

Perasaan bimbang (ragu-ragu) adalah kendala terberat dalam proses meraih hasil. Sukses hanya diraih oleh mereka yang tegas. Tegas dalam arti tidak meragukan diri sendiri, dan fokus pada tujuan akhir.

Selain menghilangkan rasa ragu, pemusatan pikiran bisa dilatih. Melalui meditasi, kontemplasi dan mau meluangkan waktu beberapa menit setiap hari, untuk membuat gambaran yang kita inginkan di dalam benak kita.

Bagi yang pernah baca The Secret, nama Mary T. Browne terasa familiar karena memang Browne merupakan salah satu kontributor. Sehingga ide buku antara ”The Secret” vs ”5 Aturan Pikiran” memang terasa relevan.

Ketika kamu percaya akan law of attraction : dimana pikiran positif dan keinginan akan bekerja, sehingga semesta membantumu merealisasikan keinginan. Nah! Upaya fokus untuk mengarahkan pikiran (keinginan) itu bisa terbantu melalui buku ini. Walaupun (saya akui secara pribadi) butuh konsentrasi lebih untuk memahami ide yang dituang dalam buku setebal 266 halaman ini.

Di dalam buku yang terbagi atas 7 bab ini, Browne menyisipkan contoh kasus dari pengalaman pasien yang berkonsultasi padanya, demi kemudahan pembaca mencerna fokus tulisan.

Tidak ada komentar: