Kamis, 18 Desember 2008

Filsuf Jagoan 1 & 2

Oleh : Fred van Lente & Ryan Dunlavey
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) - (2007)


Pada dasarnya, Saya tertarik filsafat. Tapi entah mengapa saya berkali-kali membaca Filsuf Jagoan, tapi tetap tidak nyambung. Seolah otak saya terbatas untuk memahami filsafat. Meskipun Filsuf Jagoan, sebuah bentuk sederhana penyampaian filsafat. Dengan gaya ringan, melalui cerita bergambar karikatur.

Buku ini mengenai para filsuf terkemuka dan konsep yang dikemukakan oleh masing-masing tokoh.

Filsuf Jagoan berbentuk komik (atau sekarang disebut Novel Grafis?), menceritakan biografi filsuf, dari latar belakang kehidupan, bagaimana ia menelaah permasalahan dan memaparkan teorinya.

Kelebihannya, bagi awam filsafat –yang baru mau mengetahui- buku ini mudah dicerna (sederhana), tampil dalam gambar hitam putih, kocak dan kadang memancing tawa. Mudah dibaca, sembari ngemil dan bermalas-malasan. Dan sst.. jangan percaya tampang asli filsuf memang seburuk di komik. Contohnya, coba klik searching foto Soren Kierkegaard di Google. Filsuf terkemuka Denmark (1813-1855) wajah aslinya jauh lebih cakep ketimbang hasil karya Ryan Dunlavey..... :-))

Tapi memang Ryan Dunlavey dan Fred van Lente, masing-masing sebagai tukang gambar dan penulis komik berseri ini, bertujuan menjadikan Filsafat sebagai sesuatu yang menyenangkan. Tidak serius. Maka para filsuf tampil bak jagoan superhero komik layaknya Superman, Batman, dsb.

Hmm... meski berusaha lugas, yah seperti saya ungkapkan di awal tulisan, sebagai pembaca, saya tetap butuh berulang-kali membaca dan mencerna isi cerita. Mungkin sama halnya saya mempelajari rumus fisika, perlu mencerna kalimat per kalimat sebelumnya menggangguk ngerti. (Itupun sambil garuk-garuk kepala....).

Ohya, pada beberapa gambar tampil eksplisit, sehingga perlu sensor pula untuk usia pembaca atau butuh pemahaman luas, karena teori filsuf kadang menyentuh soal agama dan keyakinan.

Pada Filsuf Jagoan Jilid 1 memaparkan 9 tokoh : Plato, Bodhidharma, Nietzsche, Thomas Jefferson, Santo Agustinus, Ayn Rand, Sigmund Freud, Carl Jung, Joseph Campbell.

Jilid 2 menampilkan : Karl Marx, Machiavelli, Kabbalah, Descartes, Sartre, Derrida, Wittgenstein, St. Thomas Aquinas, Kierkegaard.

Saya membeli dua komik masing-masing pada akhir 2007 dan awal 2008. Nah, sudah hampir tutup tahun 2008, tapi rasanya saya belum melihat Filsuf Jagoan Jilid 3 beredar di toko buku. Padahal, pada lembar terakhir di Jilid 2 sudah dicantumkan Jilid 3 bakal ”Segera Terbit” dengan memuat filsuf antara lain : Socrates, Kant, Hegel, Lao Tzu, Rousseau, Hobbes, dan Francis Bacon. Masih perlu sabar menunggu......

Tidak ada komentar: