Kamis, 29 Mei 2014

Frozen

Pemeran: Kristin Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, Josh Gad, Santino Fontana
Sutradara: Chris Buck, Jennifer Lee
Skenario: Jennifer Lee
Waktu: 102 menit
(2013)

Film animasi besutan Walt Disney Animated Classics ini terinspirasi dari dongeng Hans Christian Andersen berjudul “The Snow Queen”.

Tetapi tentu saja versi Frozen (2013) Walt Disney ini berbeda dari versi dongeng H.C. Andersen. Tema besar film ini tentang putri Anna (pengisi suara: Kristen Bell) dari Kerajaan Arendelle yang bertualang ke Gunung Utara untuk mencari kakak perempuannya yang menyebabkan kerajaan mereka mengalami musim salju abadi.

Film dibuka dengan menunjukkan kehidupan para pemanen es di gunung dan Kristoff kecil bersama rusa kutub sahabatnya, Sven, ikut bergabung. Para pemanen bercerita bahwa es punya kekuatan sihir dan berkata bahwa kita harus berhati-hati kepada orang yang berhati beku.

Kemudian cerita berpindah ke kerajaan Arendelle, dimana Anna mengajak kakaknya, Elsa, bermain bola salju. Elsa memang lahir dengan kekuatan mengeluarkan es dan salju.  Ketika sedang bermain boneka salju dan dan bermain es di dalam istana, secara tidak sengaja Elsa mengenai kepala Anna dengan semburan esnya sehingga membuat Anna pingsan.

Raja dan Ratu yang panik membawa kedua anak tersebut bertemu Troll di hutan untuk menyembuhkan Anna. Troll tua bernama Grand Pebbie mengambil ingatan Anna tentang sihir Elsa. Grand Pebbie juga mengingatkan Elsa bahwa ketakutan akan menjadi musuh terbesarnya. Karena kejadian tersebut, sang raja menutup istana dari dunia luar dan tidak ada yang boleh tahu tentang kekuatan sihir Elsa. Elsapun memakai sarung tangan dan mengasingkan diri dari Anna dengan selalu  menutup pintu kamarnya.

Kemudian tahun demi tahun berlalu dimana Elsa dan Anna tumbuh menjadi gadis remaja. Anna sang adik yang lebih cheerfull, sementara sang kakak lebih tertutup dan kalem. Hingga suatu hari malapetaka terjadi. Kedua orangtua mereka meninggal kecelakaan. Kapal yang mereka tumpangi karam tersapu badai di lautan.
Tiga tahun kemudian sejak meninggalnya raja dan ratu, Arandelle pun membuka kerajaan dan mengundang sejumlah sekutu kerajaan tetangga untuk menyaksikan hari penobatan Elsa (pengisi suara Elsa remaja: Idina Menzel) sebagai Ratu Arandelle.

Di hari tersebut, Anna berkenalan dengan Pangeran Hans dari Kepulauan Selatan  dan langsung jatuh cinta. Mereka pun ingin menikah dan di tengah pesta dansa meminta restu Elsa agar mereka boleh menikah. Elsa jelas kaget dan menolak memberi restu kepada  Hans, dan malah memerintahkan penjaga untuk menutup istana lagi. Anna dan Elsa berdebat sampai tidak sengaja Elsa mengeluarkan sihir esnya sehingga membuat orang-orang takut. Anna pun jadi tahu apa yang membuat Elsa selalu mengurung diri.

Keadaan bertambah parah dan Elsa pun melarikan diri ke Gunung Utara karena takut melukai orang banyak. Ardelle diliputi salju abadi. Anna memutuskan untuk mencari kakaknya dan memperbaiki masalah yang terjadi di Arandelle. Anna menugaskan Pangeran Hans untuk mengurus kerajaan.

Dalam perjalanan mencari Elsa, Anna bertemu Kristoff yang ingin membeli barang kebutuhan di Toko Oaken. Anna mendengar Kristoff tahu dimana letak Gunung Utara sehingga Anna minta bantuan Kristoff untuk mengantarnya ke Gunung Utara, untuk mencari Elsa. Maka petualangan seru Anna, Kristoff, bersama rusa kutub Kristoff, Sven, dimulai. Menghadapi serigala dan tidak sengaja bertemu dengan manusia saju yang dapat berbicara bernama Olaf, seperti manusia salju buatan Elsa dan Anna di masa kecil. 


Film yang menarik ditonton segala umur, menghibur, dan moral story yang dipetik adalah cinta kasih dan keberanian.

Film ini memenangkan penghargaan Academy Awards untuk Best Animated Feature 2014 dan memiliki lagu soundtrack yang ngetop, Let it Go yang dinyanyikan di film ini oleh Idina Menzel, dan ada versi lain dinyanyikan oleh mantan pemain cilik Walt Disney, Demi Lovato.



Tidak ada komentar: