Sabtu, 16 Juli 2011

Let Me In

Pemain: Kodi Smit-McPhee, Chloe Moretz, Richard Jenkins
Sutradara: Matt Reeves
Penulis Skenario: Matt Reeves & John Ajvide Lindqvist
Waktu: 109 menit
(2010)


Di suatu malam hujan salju, di kota kecil New Mexico Amerika Serikat, sebuah ambulans bergerak secepat kilat menuju rumah sakit. Di dalam mobil petugas paramedis berusaha menyelamatkan seorang pasien yang terluka parah. Seluruh wajahnya rusak seperti terbakar.

Usaha penyelamatan berakhir tragis. Pasien bunuh diri dengan cara menjatuhkan diri dari jendela kamar perawatannya di lantai atas.

Frame film lalu berpindah pada malam hari dua minggu sebelumnya. Makan malam yang tegang antara ibu berambut pirang dan putranya. Ibu yang tengah dilanda depresi sementara anak tumbuh bermain sendirian. Anak beringsut ke kamarnya, meneropong kegiatan tetangga sekeliling dan perhatian terfokus ketika sebuah mobil berhenti. Seorang pria paruh baya dan putri perempuan belasan tahun keluar dari mobil dan datang menghuni unit kosong bangunan di tengah malam.  

Persahabatan kemudian terjalin antara anak laki-laki bernama Owen (Kodi Smit-McPhee) dengan si anak perempuan yang kemudian diketahui bernama Abby (Chloe Moretz) sesama berusia 12 tahun. Praktis Owen yang penyendiri dan korban bullying di sekolah menjadi akrab dengan Abby yang juga terasing.

Abby hanya muncul di tengah malam. Bertemu dan ngobrol dengan Owen di taman bermain di area rumah mereka.

Ternyata Abby di malam hari menjadi vampir dan harus minum darah manusia. Dan kondisi berubah ketika “ayah” menghilang dan Abby mencari sendiri mangsanya. Muncul pula polisi (Elias Koteas) yang menyelidiki kasus penemuan mayat bersimbah darah sebagai kemungkinan dilakukan oleh kelompok pemuja setan.

Film genre horor ini mengalir dengan gampang dicerna, tidak memusingkan penonton dengan jalan cerita yang membuat orang harus menebak-nebak. Eksplorasi cerita tentang makhluk penghisap darah memang seolah tidak habis-habis, dan kali ini dalam wujud anak perempuan cantik berwajah inosens. Lalu kita kaget ketika pada satu scene tampil wajah Abby yang lain. Sebagai makhluk penghisap darah. Sepintas wujud vampirnya mengingatkan kita pada bentuk Smeagol di film The Lord of the Rings, namun jelas lebih seram yang ini.

Selain itu film bukan pada efek menegangkan saja, tapi bangunan cerita yang kuat tentang kisah cinta dua anak beranjak remaja, dan Abby seperti umumnya gadis remaja yang hati-hati membuka jarak pada lawan jenis. Meskipun ternyata usianya sebagai vampir ratusan tahun.

Menurutku film ini bisa diberi nilai 7,5 dari total 10 untuk menjadi sebuah film horor pilihan.

Chloe Moretz pernah muncul sebagai anak terkecil dari keluarga Lutz yang tinggal di rumah berhantu dalam film The Amityville Horror (2005). Sedangkan Kodi Smit-McPhee  muncul dalam The Road (2009) menjadi karakter anak dari Viggo Mortensen yang kita kenal sebagai Aragorn di film The Lord of the Rings.

Cerita film ini diadaptasi dari novel berjudul “Let the Right One In” karya penulis Swedia dan sebelumnya sudah difilmkan di Swedia pada 2008.



Tidak ada komentar: