Rabu, 26 Mei 2010

The Ghost Writer

Sutradara : Roman Polanski Skenario : Roman Polanski dan Robert Harris (berdasarkan novel Robert Harris)
Pemain : Ewan McGregor, Pierce Brosnan, Olivia Williams, Kim Catrall
(2010)


Suatu hari di Martha’s Vineyard, sebuah tempat peristirahatan di timur Amerika Serikat bagi kaum kaya raya Amerika. Sang penulis bayangan atau lazim disebut ghost writer, The Ghost (Ewan McGregor) menginjakkan kaki saat kawasan tepi laut itu tengah dipeluk mendung, angin menderu dan ombak bergulung memecah pantai.

Ia sampai di sebuah vila mewah berarsitektur minimalis, dingin dan berwarna kelabu. Vila tersebut dihuni oleh mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang (Pierce Brosnan) dan istri Ruth Lang (Olivia Williams), dan asisten Adam, Amelia Bly (Kim Catrall).

Selain disambut oleh cuaca tak bersahabat, vila mewah namun dingin, The Ghost pun langsung merasakan aura permusuhan antara sang istri perdana menteri versus asisten pribadi. Serta setumpuk naskah belum jadi tentang biografi sang perdana menteri yang ganteng, kharismatik dan berwibawa.

Tokoh utama yang sepanjang film tak pernah disebutkan namanya, menggantikan posisi Mike McAra, ghost writer sebelumnya yang meninggal misterius, untuk mengedit dan menulis ulang biografi Adam Lang.

Dalam penugasannya, ia malah menemukan fakta-fakta yang masih diselubungi misteri, menelusuri sejumlah nama dari masa lalu, termasuk menemukan awal karier politik Adam Lang yang aneh dan penuh missing link. Ia malah bekerja bak reporter investigasi.

Langkah pertama ia lakukan adalah menambahkan peran Ruth Lang yang terasa sangat minim. Secara tak sengaja dia menemukan foto-foto dan catatan lama McAra, membuatnya ingin mengetahui lebih lanjut tentang latar belakang Adam Lang.

Adam Lang terancam digiring ke pengadilan internasional karena di masa lalu ia diduga memerintahkan intel Inggris menculik empat orang tertuduh teroris dan menyerahkan kepada CIA. Karena ancaman ini, Lang memilih untuk sementara menetap di Amerika.

Hal ini menyisakan tanya bagi sejumlah warga Inggris, apakah mantan perdana menterinya adalah antek Amerika alias CIA. Mengapa perdana menteri mereka terlalu penurut terhadap keinginan Amerika saat perang Irak?

Cerita yang diangkat dari buku berjudul sama karya Robert Harris, secara jelas memposisikan sosok Adam Lang jelas terinspirasi dari mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Sepanjang film menyuguhkan cerita thriller politik dengan dialog-dialog antar tokoh, dipadu warna muram dan cahaya yang minim, yang berhasil membangun ketegangan di benak penonton, sekaligus menebak-nebak hingga akhir dari cerita.

Meskipun kita sudah bisa menduga, namun jalan cerita yang mengalir cenderung lambat ini tidak memudahkan kita menebak. Sejumlah dugaan melintas seiring putaran gambar.

Apalagi didukung karakter kuat sejumlah pemain seperti Ewan McGregor sebagai pemeran utama. Kita juga menyaksikan Kim Catrall tampil sebagai sosok yang sangat berbeda dari karakternya sebagai Samantha, salah satu tokoh sentral di Sex and the City.

Kim tampil sebagai Amanda yang cerdas, tenang, sekaligus mengagumi boss-nya, Adam Lang, adu menonjol dengan karakter Ruth yang dingin, angkuh, sinistis sekaligus manipulatif.

Bagaimana dengan Pierce Brosnan yang berperan sebagai Adam Lang? Aktor yang satu ini memang sudah punya pakem peranan sesuai profil dirinya yang tampan sekaligus bergaya gentle. Hanya bagai sekuel karakter yang pernah dibangunnya : dari serial televisi Remington Steele, James Bond, hingga Mamma Mia!

Dalam hal ini Roman Polanski masih tetap sutradara senior yang mempesona. Sajian gambar di awal dan akhir film kuat mengena. Film dibuka dengan kapal ferry telah bersandar di pelabuhan di sebuah hari berkabut. Semua kendaraan beriringan keluar dari lambung kapal dan meninggalkan sebuah mobil BMW X5 tak juga bergerak, lalu berganti snapshot air tenang berbatas kabut, memberikan visualisasi pengendara mobil tersebut (yang dikemudian Anda ketahui sebagai mobil yang dibawa oleh McAra) telah lenyap.

Lalu, pada akhir film divisualkan kertas-kertas beterbangan di jalan raya kota London yang basah dan muram. Tak ada teriak, tak ada desingan peluru, tak ada pula darah muncrat. Hanya suasana kota kelabu menegaskan The Ghost adalah bayangan yang tak pernah eksis.

Roman Polanski meraih penghargaan Sutradara Terbaik untuk film ini dalam Festival Film Berlin 2010.

1 komentar:

deux mengatakan...

Ghost Writer - Penulis Bayangan
https://www.youtube.com/watch?v=nDaiE1Ia4LM